Tips Mencegah kebakaran Rumah

Tips Mencegah kebakaran Rumah | Kebakaran bisa terjadi pada siapa saja dan kapan saja dengan beragam penyebab baik dari benda mati maupun dari kelalaian manusia itu sendiri.

Mulai dari hubungan arus pendek, selang tabung gas yang bocor, penggunaan perangkat elektronik yang berlebihan, menaruh sumber panas berdekatan dengan barang mudah terbakar, dan masih banyak lagi penyebab lainnya. Untuk itulah kita perlu menaruh perhatian penting terhadap hal-hal apa saja yang bisa menyebabkan kebakaran di rumah.

Tips Mencegah Kebakaran Rumah

Apa Saja Tips Mencegah Kebakaran Rumah ?

  1. Perhatikan Penggunaan Peralatan Elektrik
  2. Awasi Penggunaan Kompor Gas
  3. Gunakan Perangkat Elektronik dengan baik
  4. Berhati-hatilah ketika merokok di rumah
  5. Buatlah Jalur Evakuasi Kebakaran
  6. Pasang Alat Pendeteksi Asap / Smoke Detector
  7. Sediakan Alat Pemadam Api Ringan (APAR)
  8. Periksa semua perangkat saat meninggalkan rumah

1. Perhatikan Penggunaan Peralatan Elektrik

Kita harus mengetahui berapa besar daya listrik di rumah yang kita miliki / tempati. Sesuaikan penggunaan perangkat elektrikal dengan kapasitas yang dimiliki oleh rumah tersebut. Apabila kita sudah selesai menggunakan perangkat elektrikal, segera matikan alat tersebut.

Perhatikan Penggunaan Peralatan Elektrik

2. Awasi Penggunaan Kompor Gas

Sebelum menggunakan kompor gas, perhatikan tabung dan selang-selang yang terhubung. Jangan sampai ada kebocoran sedikit pun agar tidak terjadi kebakaran. Selain itu, matikan kompor apabila sudah selesai digunakan dan periksa dengan teliti apakah masih terlihat api atau tidak.

Tips Mencegah Kebakaran Rumah - Awasi Penggunaan Kompor Gas

3. Gunakan Perangkat Elektronik dengan baik

Tidak semua perangkat elektronik memiliki fungsi 24/7. Ini artinya kita harus mematikan perangkat elektronik apabila sudah selesai digunakan seperti Televisi, Komputer, microwave, mesin pembuat kopi, rice cooker, alat perawatan rambut dan lainnya.

Begitu juga dengan handphone. Jangan pernah mengisi daya baterai tanpa kita monitoring (usahakan tidak mengisi daya baterai handphone bersamaan dengan waktu kita tidur malam). Hal ini dikhawatirkan dapat menyebabkan perangkat mengalami overheating berlebih yang bisa berakibat pada hubungan arus pendek dan menyebabkan kebakaran rumah.

Gunakan Perangkat Elektronik dengan baik

4. Berhati-hatilah ketika merokok di rumah

Memang tidak ada larangan untuk merokok di dalam rumah, namun itu bukan berarti Anda bisa merokok dengan sembarangan. Perhatikan abu yang tercipta dari sebuah puntung rokok.

Abu tersebut bisa menjadi penyebab kebakaran ketika menyentuh benda-benda yang sangat mudah terbakar seperti sofa, kain, sprei, dan bahan mudah terbakar lainnya. Hindari juga merokok bila sedang berdekatan dengan orang lain atau anak kecil agar mereka tidak terpapar asap rokok yang bisa merugikan kesehatan.

Berhati-hatilah ketika merokok di rumah

5. Buatlah Jalur Evakuasi Kebakaran

Untuk mencegah terjadinya korban jika saat kebakaran, buatlah jalur evakuasi kebakaran agar orang-orang yang berada di rumah tersebut bisa selamat dari bahaya kebakaran.

Usahakan untuk membuat jalur evakuasi yang mudah untuk diakses dan aman dari bahaya kebakaran maupun kejatuhan benda-benda berat. Informasikan kepada seluruh penghuni rumah, kemana mereka harus menyelamatkan diri apabila kebakaran baru saja terjadi di rumah.

Buatlah Jalur Evakuasi Kebakaran

6. Pasang Alat Pendeteksi Asap / Smoke Detector

Salah satu Tips Mencegah kebakaran Rumah yang tidak kalah pentingnya adalah memasang alat pendeteksi asap / smoke detector. Dengan adanya smoke detector, kita akan mendapatkan pemberitahuan tentang kondisi yang sedang terjadi di rumah tersebut yang bisa menyebabkan terjadi kebakaran / kebakaran membesar.

Pasang Alat Pendeteksi Asap - Smoke Detector Siemens

7. Sediakan Alat Pemadam Api Ringan (APAR)

Tips mencegah kebakaran rumah yang paling penting adalah menyediakan alat pemadam api ringan atau yang lebih sering dikenal dengan sebutan APAR.

APAR bisa menjadi solusi utama saat terjadi kebakaran di rumah maupun tempat-tempat lainnya. Penggunaan APAR yang cukup mudah tentunya bisa mengurangi resiko kebakaran memakan lebih banyak kerugian (kita bisa mendapatkan training penggunaan APAR saat melakukan pembelian produk tersebut).

Baca juga : Cara Mengecek Kelayakan APAR

Tips Mencegah kebakaran Rumah - Sediakan Alat Pemadam Api Ringan (APAR)

Mungkin Anda tertarik : Fire Protection System

8. Periksa semua perangkat saat meninggalkan rumah

Banyak kali terjadi adalah kita lalai untuk melakukan pengecekan saat akan bepergian. Seringkali muncul dengan tiba-tiba di pikiran kita : Apakah kompor sudah dimatikan ? Apakah kipas dan lampu sudah dimatikan ?

Penting untuk melakukan pengecekan dengan teliti supaya kita tidak mengalami kejadian yang merugikan. Tidak lucu kan ketika pergi dengan kondisi rumah megah, namun ketika kembali tapi dengan kondisi rumah ludes terbakar ?

Periksa semua perangkat saat meninggalkan rumah

Nah, setelah kita mengetahui Tips Mencegah kebakaran Rumah dan melakukan pemeriksaan secara detail, semoga rumah yang kita miliki / tempati bisa terhindar dari musibah kebakaran.

Jika Anda membutuhkan perangkat pengaman kebakaran seperti fire alarm system, fire protection system, dan produk proteksi kebakaran lainnya, silahkan menghubungi PT. Addy Gemilang Perkasa untuk berkonsultasi dan mendapatkan produk dengan harga dan layanan terbaik.